Senin, 30 September 2013


Cara Membuat Jaringan Ad Hoc Pada windows 7

Ad Hoc secara bahasa berarti “untuk suatu keperluan atau tujuan tertentu saja“. Dalam pengertian lain, jaringan ad hoc adalah jaringan bersifat sementara tanpa bergantung pada infrastruktur yang ada dan bersifat independen.

AD Hoc merupakan jaringan wireless sederhana dimana komunikasi terjadi diantara 2 perangkat atau lebih pada cakupan area tertentu tanpa harus memerlukan sebuah access point atau server. Setiap host cukup memiliki transmitter dan receiver wireless untuk berkomunikasi secara langsung satu sama lain.

Kekurangan dari mode ini adalah komputer tidak bisa berkomunikasi dengan komputer pada jaringan yang menggunakan kabel. Selain itu, daerah jangkauan pada mode ini terbatas pada jarak antara kedua komputer tersebut. Contoh mobile node adalah notebook, PDA dan ponsel. Jaringan ad hoc disebut juga dengan spontaneous network atau disebut MANET (Mobile Ad hoc NETwork).
  
Untuk lebih pahamnya bagaimana cara membuat jaringan Ad Hoc,mari mencoba membuatnya dengan cara sebagai berikut :
1.      Buka Network and Sharing Center dengan cara  klik start masuk pada menu Control Panel pilih Network and sharing Center.lalu pilih Set up a new connection or network.
2.      Pada jendela Set up a Connection or Network akan muncul scroll ke bawah pilih menu Set up a wireless ad hoc (computer to computer) network,lalu klik tombol Next maka akan masuk pada jendela informasi berikutnya.
3.      Maka akan muncul jendela Set Up an Ad Hoc Network Lalu klik Next untuk melanjutkan jendela informasi.
4.      Pada Jendela Set Up a n Ad Hoc Network isi pada menu Network Name : labtk_15 dan Pada Security Key : No Authentication (Open) karena bila tidak ingin menggunakan password atau tidak ingin ribet men-setting maka pilih Mode No authentication (Open).Lalu Klik Next.
5.      Jaringan Ad Hoc dengan Network Name : labtk_15 dan Security key : unsecured (tidak memakai password) telah selesai dibuat.
6.      Pada icon wi-fi yang berada di Task bar telah muncul jaringan Ad Hoc dengan kondisi Waiting for users itu karena belum ada client atau user lain yang connect pada Ad Hoc labtk_15 tersebut.
7.      Pada Jaringan Ad Hoc labtk_15 kondisinya sekarang menjadi Connected itu karena sudah ada client atau user lain yang sudah terhubung dengan jaringan Ad Hoc labtk_15 tersebut.
8.      Cara men-share folder dengan cara klik kanan pada folder yang akan di sharing → lalu klik spesific people.
9.      Pada drop down pilihan,pilih everyone → klik Add → Lalu pilih Everyone pada Name  lalu klik share.
10.  Folder tersebut akan tampak jika diakses pada my netwok place oleh pengguna laptop yang ikut koneksi tersebut.

Sekian cara membuat jaringan Ad Hoc,mudahkan?? J
Selamat mencoba n Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar